Kamis, 16 Juni 2016

Makalah PEMANFAATAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA




     PEMANFAATAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA
DAN UPAYA PEMBUDIDAYAAN DALAM MENDUKUNG PENYEDIAAN
BAHAN PANGAN, OBAT-OBATAN DAN DAYA KREATIF




(Simbol Sekolah kalian)

                 
                  
                                                    Disusun oleh :
1.      Diky Anwar                      (NIS : 1314.10.246)
2.      Anggun Sinta                    (NIS : 1314.10.244)
3.      Dini Apriliani                    (NIS : 1314.10.247)
4.      Dini Lestari                       (NIS : 1314.10.248)
5.      Suherti                               (NIS : 1314.10.266)
6.      Tri Gayuh Mughnizal        (NIS : 1314.10.269)
       
                                                Kelas :  XI – IIS 4

      PEMERINTAH KABUPATEN CIREBON
   DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 1 (NAMA SEKOLAH KALIAN)
   Jl. Yudhistira No. 30 Desa Karangasem Kec. (nama sekolah kalian) kab. Cirebon
Tahun ajaran 2013/2014



Rabu, 16 September 2014

1.      MANFAAT KEANEKARAGAMAN HAYATI
A.   Manfaat keanekaragaman hayati
1.Manfaat dari segi ekonomi
        Jenis hewan (fauna) dan tumbuhan (flora) dapat diperbarui dan dikelola secara berkelanjutan. Beberapa jenis kayu yang memiliki manfaat bagi kepentingan masyarakat Indonesia maupun untuk kepentingan ekspor. Jenis kayu kayu terebut antara lain kayu ramin, gahru, meranti, dan jati, jika diekspor akan menghasilkan devisa bagi Negara. Beberapa tumbuhan juga dapat dijadikan sebgai sumber makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin serta ada tumbuhan yang dapat dimanfaatan sebagai obat-obatan dan kosmetik.
        Sumber daya dari hewan dapat dimanfaatkan sebagai sumber makanan dan untuk kegiatan industri. Dua pertiga wilayah Indonesia adalah perairan yang dapat dijadikan sumber daya alam yang bernilai ekonomi. Laut, sungai dan tambak merupakan sumber-sumber perikanan yang berpotensi ekonomi. Beberapa jenis diantaranya dikenal sebagai sumber bahan makanan yang mengandung protein.
2. Manfaat dari segi wisata dan ilmu pengetahuan
        Kekayaan aneka floran dan fauna sudah sejak lama dimanfaatkan untuk pengembangan ilmu pengetahuan. Hingga saat ini masih banyak jenis hewan dan tumbuhan yang belum dipelajari dan belum diketahui manfaatnya. Dengan demikian keadaan demikian masih bisa dimanfaatkan sebagai sarana dan pengembangan pengetahuan dan penelitian bagi berbagi bidang pengetahuan. Misalnya penelitian mengenai sumber makanan dan obat-obatan yang berasal dari tumbuhan. Umumnya secara langsung manusia menjadikan hewan sebagai objek wisata dan liburan.
3. Manfaat dari segi sosial dan budaya
        Masyarakat Indonesia ada yang menetap diwilayah pegunungan, dataran rendah maupun yang dekat dengan perairan. Masyarakat tersebut telah terbiasa dan menyatu dengan keadaan lingkungan sekitarnya. Kegiatan memanen hasil hutan maupun pertanian merupakan kegiatan yang khas bagi masyarakat yang tinggal dipegunungan atau dataran tinggi.
        Masyarakat tersebut yang hidup berdekatan dengan laut, sungai, dan hutan memiliki aturan tertentu dalam upaya memanfaatkan tumbuhan dan hewan. Masyarakat memiliki kepercayaan tersendri mengenai alam. Dengan adanya aturan-aturan tersebut, keanekaragaman hayati akan terus terjaga keletariannya.
4.  Manfaat dalam ekologi
      Keanekaragaman hayati merupakan komponen dalam ekosistem yang sangat penting, misalnya hutan hujan tropis. Hutan hujan tropis memiliki nilai ekologis atau nilai lingkungan yang penting bagi bumi, antara lain :
a.    merupakan paru-paru bumi kegiatan fotosintesis hutan hujan tropis yang dapat menurunkan  kadar karbondioksida Co2 di atmosfer yang berarti dapat mengurangi pencemaran udara dan dapat mencegah efek rumah kaca.
b.    Dapat menjaga kestabilan iklim global yaitu mempertahankan suhu dan kelembaban udara. Selain berfungsi untuk menunjang kehidupan manusia, keanekaragaman hayati memiliki peranan dalam mempertahankan keberlanjutan ekosistem. Masing-masing jenis organisme memiliki peranan dalan ekosistemnya. Peranan ini tidak dapat difgantikan oleh jenis lain. Sebagai contoh, burung hantu dan ular merupakan diekosistem sawah merupakan pemakan tikus. Jika kedua pemangsa ini dilenyapkan oleh manusia, maka tidak ada yang mengontrol populasi tikus. Akibatnya perkembangbiakan tikus meningkat cepat dan dimana-mana terjadi hama tikus.
c.    Selain berfungsi untuk menunjang kehidupan manusia, keanekaragaman hayati memiliki peranan dalam mempertahankan keberlanjutan ekosistem. Masing-masing jenis organisme memiliki peranan dalam ekosistemnya. Peranan ini tidak dapat digantikan oleh jenis lain. Sebagai contoh, burung hantu dan ular merupakan diekosistem sawah merupakan pemakan tikus. Jika kedua pemangsa ini dilenyapkan oleh manusia, maka tidak ada yang mengontrol populasi tikus. Akibatnya perkembangbiakan tikus meningkat cepat dan dimana-mana terjadi hama tikus.
Tumbuhan merupakan jenis organic dan oksigen, yang dibutuhkan oleh organisme lain. Selain itu, tumbuhan dapat membentuk humus, menyimpan air tanah, dan mencegah erosi. Keanekaragaman yang tinggi memperkokoh ekosistem. Ekosistem merupakan keanekaragaman hayati yang rendah merupakan ekosistem yang tidak stabil. Bagi manusia, keanekaragaman yang tinggi merupakan gudang sifat-sifat unggul (plasma nutfah) untuk dimanfaatkan dikemudian hari.
5. Manfaat dalam farmasi
        Manusia telah lama menggunakan sumber daya hayati untuk kepentingan medis. Selain pengobatan tradisional, pengobatan modern pun sangat bergantung pada keanekaragaman hayati terutama tumbuhan dan mikroba. Sumber daya dari tanaman liar, hewan, dan mikroorganisme juga sangat penting dalam pencarian bahan-bahan aktif bidang kesehatan. Banyak obat-obatan yang saat ini digunakan berasal dari tanaman. Beberapa antibiotic berasal dari mikroorganisme, dan struktur kimia baru ditemukan setiap saat.
6. Manfaat dalam ilmu pengetahuan dan teknologi
        Kekayaan flora dan fauna sudah sejak lama dimanfaatkan untuk pengembangan ilmu pengetahuan. Hingga saat ini masih banyak jenis hewan dan tumbuhan yang belum dipelajari dan diketahui manfaatnya. Dengan demikian keadaan ini masih dapat dimanfaatkan sebagai sarana pengembangan pengetahuan dan penelitian bagi berbagai bidang pengetahuan. Misalnya penelitian mengenai sumber makanan dan obat-obatan yang berasal dari tumbuhan.
7. Manfaat industri
        keanekaragaman hayati dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan (tempat untuk mendatangkan devisa untuk industri). Misalnya untuk bahan baku industri, rempah-rempah, dan perkebunan. Bahan-bahan industri misalnya : kayu gaharu dan cendana untuk industri kosmetik, kayu jati dan rotan untuk meubel, the dan kopi untuk industri minuman, gandum dan kedelai untuk industri makanan, dan ubi kayu untuk menghasilkan alcohol. Rempah-rempah misalnya lada, vanili, cabai, bumbu dapur. Perkebunan misalnnya : kelapa sawit dan karet.
B.   Manfaat keanekaragaman hayati untuk masyarakat
1.Merupakan sumber sumber kehidupan, penghidupan, dan kelangsungan bagi umat manusia, karena potensi sebagai sumber pangan, papan, sandang, obat-obatan serta kebutuhan hidup yang lain.
2.Merupakan sumber ilmu pengetahuan dan teknologi.
3.Mengembangkan sosial budaya umat manusia. Pemanfaatan keanekaragaman hayati bagi masyarakat ini harus dilakukan secara berkelanjutan yaitu manfaat yang tidak hanya untuk generasi sekarang tetapi juga untuk generasi yang akan datang. Oleh karena itu mari kita lestarikan keanekaragaman hayati yang ada disekitar kita agar dapat dimanfaatkan oleh generasi yang akan datang.
C.    Nilai keanekaragaman hayati
1.kebutuhan dasar (primer) yaitu kebutuhan bersifat mutlak, seperti :
2.kebutu han sekunder, kebutuhan untuk lebih menikmati hidup, seperti :
3. keanekaragaman hayati dapat menghasilkan produk berupa materi atau jasa yang manfaatnya dapat ditukar dengan uang, misalnya bahan kebutuhan pokok atau pangan yang diperdagangkan, dikatakan dapat memiliki nilai ekonomi.
4.Bagi suatu Negara tertentu, keanekaragaman hayati dapat memberikan suatu kebanggaan karena keindahan atau kekhasannya, seperti : karapan sapi di Madura, ukiran jepara dari kayu jati, lukisan wayang dari kulit domba dan sebagainya. Keanekaragaman hayati tersebut memiliki nilai budaya.
5. keanekaragaman hayati masih terus diteliti oleh para ahli, karena sebagai sumber ilmu atau tujuan lain (misalnya : pemuliaan hewan dan tumbuhan, pelestarian alam, pencarian alternative bahan pangan energy dan sebagainya). Jadi keanekaragaman hayati memiliki nilai pendidikan.
D.      Manfaat mempelajari keanekaragaman hayati
        Keanekaragaman hayati telah banyak dipelajari oleh manusia sejak jaman dahulu. Hal tersebut dilakukan selain untuk memenuhi kebutuhan sandang dan pangan juga untuk keperluan kesehatan dan pengobatan suatu penyakit. Contohny seperti sirih, lengkuas, kumis kucing, dan pennicilium. Manfaat mempelajari keanekaragaman hayati antara lain :
1.Mengetahui manfaat masing-masing jenis bagi kehidupan manusia.
2.Mengetahui adanya saling ketergantungan makhluk hidup.
3.Mengetahui cirri-ciri dan sifat masing-masing jenis.
4.Mengetahui kekerabatan antara makhluk hidup
5.Mengetahui manfaat keanekaragaman dalam mendukung kelangsungan hidup manusia.



Sumber :




Rabu, 16 September 2014

2.      BISNIS KREATIF
    Apa bisnis kreatif itu? Dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) kreatif memiliki daya cipta yang berarti memiliki kemampuan untuk menciptakan sesuatu. Kreatif juga berarti bersifat (mengandung) daya cipta. Menurut masyarakat ekonomi kreatif Indonesia, industri kreatif didefinisikan sebagai industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.
        Tahun 2009 ini istilah bisnis kreatif sudah begitu marak dibicarakan dikalangan para pembisinis, khususnya anak-anak muda. Dan trend bisnis ini diprediksi akan setiap hidup, tambah berkembang dan semarak pada tahun-tahun mendatang. Dalam versi pemerintah istilah bisnis kreatif sendiri adalah bentuk usaha bisnis yang mencakup 14 kategori (sektor ekonomi). Diantaranya periklanan arsitektur, pasar seni dan barang antic, kerajinan desain, desain fesyen, video, film dan fotografi, permainan interaktif, music, seni pertunjukan, penerbitan dan percetakan, layanan computer dan piranti lunak, televise radio, dan riset pengembangan.
        Apa yang bisa kita lakukan mengetahui beragam jenis usaha bisnis kreatif tersebut. Rasa-rasanya bagi anak-anak muda perlu melirik bisnis ini. Kita tahu saat ini kesempatan mendapatkan pekerjaan begitu sulit. Lihat saja banyak sarjan atau lulusan perguruan tinggi yang menganggur. Mendaftar pegawai dari kantor ke kantor tapi banyak yang ditolak. Mereka begitu kesulitan mendapatkan pekerjaan. Nah, satu pertanyaan yang muncul, mengapa kita tidak berpikir out of the box alias berpikir keluar dari kotak wawasan pikiran kita. Jika banyak orang yang berbondong-bondong mencari pekerjaan, sudah saatnya bagi anak-anak muda untuk merubah pola pikir yaitu berusaha kerja mandiri, mencoba menjadi enterprenur (wirausaha). Nah, bisnis kreatif adalah jawabannya. Sebenarnya bagaimana karate bisnis kreatif ini. Berikut sedikit gambarannya :
1.    Pertama, berbasis ide
    dalam industri kreatif yang paling utama adalah ide. Jadi bisa dikatakan bisnis ini bisnis yang berbasis ide. Sebagai contoh misalnya seorang pedagang kopi. Jika kita membeli secangkir kopi di warung-warung kopi paling banter seharga Rp.2000.- sampai dengan Rp.5000,- ini mungkin sebuah harga yang sudah cukup mahal. Tapi coba lihat sebuah kedai kopi yang berlabel Starbuck coffee. Harganya bisa 5 bahkan 10 kali lipat lebih mahal. Apa yang bisa kita petik dari fenomena ini. Dalam industri kreatif berlaku sebuah rumus bahwa nilai ekonomi suatu produk, jasa bukan lagi di tentukan oleh bahan bakunya atau system produksinya seperti pada era industi, melainkan pada pemanfaatan kreativitas dan inovasinya.
2.    Kedua, cukup 3 – 10 orang
    Ini kabar gembiranya untuk membuat usaha dalam lingkup bisnis kreatif kita tidak harus memerlukan banyak orang. Cukup sedikit orang saja sudah cukup menjalankan bisnis usaha ini. Usaha ini bisa dimulai dari ide pribadi lalu mengajak kawan-kawan terdekat yang sekiranya mempunyai ide dan hobby yang sama. Satu hal yang pasti setiap sumber daya manusi (SDM) meski punya kompetensi dan punya keunggulan masing-masing.
    Untuk mengoptimalnya kerja-kerja perusahaan dalam bisnis kreatif ini biasanya menggunakan bantuan teknologi informasi (khususnya internet). Aktivitas dan pekerjaan dengan memanfaatkan misalnya ; email, website (situs), blog sampai situs jejaring social facebook. Selanjutnya kita bisa mengadopsi sebuah konsep yang diluar negeri usaha yang demikian sering dinamakan dengan SOHO (small office home office)  yaitu sebuah konsep usaha yang dijalankan dari rumah. Rumah dalam hal ini bisa berarti kost, kontarakan atau apartemen kecil.
Misalnya, di Bandung ada dua dua orang anak muda yang memproduksi sepatu lukis. Hanya dikerjakan oleh dua orang saja.
    Satu orang bertanggunag jawab dalam membuat sepatu lukis sesuai dengan order (pesanan). Sepatu tersebut akan dilukis dengan permintaaan calon pembeli. Satu orang lagi bertugas pengenalan produk kepada konsumen, pemasaran, dan promosi pada proses transaksi. Mereka menjalankan sepetak kost atau kontarakan. Begitulah usaha bisnis ini dijalankan. Tak memerlukan banyak orang, cukup sedikit orang saja, kurang dari 10 orang. Bahkan dilakukan oleh dua orang saja bisa.
3.    Ketiga, unik dan beda
    Dalam seminar bisnis kreatif di Universitas Indonesia (UI), Rhenal Khasali seorang pakar marketing pernah menyampaikan sebuah pernyataan menarik. Para pembisnis yang berhasil biasanya memiliki sebuah ide yang unik dan berbed. Ide bisnis tersebut bukan semata-mata mendapatkan uang. Ada satu rahasia para pembisnis yaitu apa yang dinamakan dediasi suci. Merek berbisnis semata-mata tidak mengejar kepentingan pribadi semata (mengejar keuntungan financial / uang), tapi atas dasar dedikasi suci yang membantu orang lain. Atau setidaknya membuat kemanfaatan bagi orang lain.
    Yang demikian itu bisa dikatakan unik dalam hal mindset (pola pikir atau latar belakang pemikiran). Setelahnya kita bisa mengikutinya dengan keunikan dan perbedaan dalam hal produk yang ingin dilepas kepasar. Cara yang biasa digunakan pembisnis dalam menemukan sebuah bisnis yang unik daan beda adalah formulasi ATM yaitu amati, tiru, dan modifikasi.
    Langkahnya dengan mengamati usaha bisnis yang ada disekitar tempat tinggal kita, sebuah bisnis yang tampak mendapatkan keuntungan besar, selanjutnya meniru biasanya dengan membuka sebuah gerai atau bidang usaha ditempat lain kemudian memodifikasinya agar berbeda dengan yang sudah ada. Tapi kalau ingin membuat sebuah trobosan besar, ciptakan ide baru dan jangan mengikuti ide-ide yang sudah ada. Tentu ini sebuah cita-cita besar dan  hanya orang pilihan saja yang bisa melakukannya. Yakin, anda sebenarnya juga bisa melakukannya. Kata kuncinya seperti kembali pada esensi bisnis yaitu yang kita bicarakan ini kreativitas.
 

  Sumber :




Rabu, 16 September 2014

3.      MANFAAT KEANEKARAGAMAN HAYATI DI INDONESIA
1.      Keanekaragaman hayati sebagai sumber pangan di Indonesia
        Kebutuhan karbohidrat Indonesia masyarakat Indonesia terutama tergantung pada beras. Sumber lain seperti ubi jalar, singkong, talas dan sagu sebagai makanan pokok dibeberapa daerah mulai ditinggalkan. Ketergantungan pada beras ini menimbulkan krisis pada pangan ang seharusnya tidak perlu terjadi. Selain menanam pangan yang telah dibudidaya, sebenarnya Indonesia memiliki 400 jenis tanaman penghasil buah, 370 jenis tanaman penghasil sayuran, 70 jenis tanaman berumbi, 600 jeni tanaman penyegar dan 55 jenis tanaman rempah-rempah.
        Perikanan merupakan sumber protein murah di Indonesia. Kita mempunyai wilayah Zona Ekonomi Eksklusif yaitu 200 mil dari garis pantai yang dapat digunakan oleh nelayan untuk mencari nafkah. Budi daya udang, bandeng, dan lele jumbo sangat potensial juga sebagi sumber pangan. Oncom, tempe, kecap, tape laru (minuman khas daerah timur), dan gatot merupakan makanan suplemen yang disukai masyarakat Indonesia. Jasa mikro organisme seperti kapang, yeast, dan bakteri sangat diperlukan untuk pembuatan makanan ini. Beberapa jenis tanaman seperti suji, secang, sunir, gula aren, dan merang padi banyak digunakan sebagai zat pewarna makanan.
2.      Keanekaragaman hayati sebagai sandang dan papan
kapas, remi, yute, kenaf, abaca, dan acave serta ulat sutera potensial sebagai bahan sandang. Tanaman ini tersebar diseluruh Indonesi, terutaman di Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. Disamping itu beberapa suku di Kalimantan, Irian dan Sumatera mengenakan kulit kayu, bulu-bulu burung, tulang-tulang binatang sebagai aksesoris pakaian mereka. Semenatara pengrajin batik menggunakan tidak kurang dari 20 jenis tanaman untuk perawatan batik tulis termasuk buah lerak yang berfungsi sebagai perawatan yang berfungsi sebagai sabun.
Masyarakat suku Dani di lembah baliem Irian Jaya menggunakan 6 macam tumbuhan sebagai bahan sandang. Untuk membuat yokel (pakaian wanita yang sudah menikah) menggunakan jenis tumbuhan (Agrostophyllum majus) dan wen (ficus drupacea). Untuk pakaian anak gadis dipergunakan jenis tumbuhan kem (Eleocharis dulcis). Untuk membuat koteka/holim yaitu jenis pakaian pria yang digunakan jenis tanaman sika (legendaries siceraria), sedangkan pakaia perang terbuat dari mul (calamus s.p)
3.      Sumber daya hayati sebagi sumber obat dan kosmetik
Indonesia memiliki 940 jenis tanaman obat, tetapi hanya 120 jenis yang masuk dalam material medika Indonesia. Masyarakat pulau Lombok mengenal 19 jenis tumbuhan sebagai obat kontasepsi. Jenis tersebut antara lain : pule, sentul, laos, turi, temulawak, alang-alang, papaya, sukun, lagundi, nanas, jahe, jarak, merica, kopi, pisang, lantar, cemara, bengkel, dam duet.
Potensi Keanekaragaman hayati hanya sebagai kosmetik tradisional telah lama dikenal.
Penggunaan bunga-bungaan seperti ; melati, mawar, cendana, kenanga, kemuning dll. Lazim digunakan oleh masyarakat terutama masyarakat Jawa untuk wewangian. Kemuning yang mengandung zat samak dipergunakan oleh masyarakat Yogyakarta untuk membuat lulur (9 jenis tumbuhan) yang berkhasiat menghaluskan kulit. Tanaman pacar dugunakan untuk pemerah kuku, sedangkan ramuan daun mangkokan, pandan, melati, dan minyak kelapa dipakai untuk pelumas rambut.
4.      Aspek cultural sumber daya hayati di Indonesia
Indonesia kurang lebih memiliki 350 etnis dengan keanekaragaman agama, kepercayaan, dan adat istiadatnya. Dalam upacara ritual keagamaan atau dalam upacara adat banyak sekali sumber daya hayati yang dipergunakan. Sebagai contoh ; umat Islam menggunakan sapid an kambing dewasa pada setiap hari raya korban, sedangkan umat Nasrani memerlukan pohon cemara setiap natal. Umat Hindu membutuhkan berbagai jeni sumber daya hayati untuk setiap upacara keagamaan dilakukan. Upacara kematian di Toraja menggunakan berbagai jenis tumbuhan yang dianggap mempunyai nilai magis untuk ramuan memandikan mayat misalnya ; limau, daun kelapa, pisang, rempah-rempah dan lainnya.


Sumber :





Rabu, 16 September 2014

4.   PENGERTIAN KEANEKARAGAMAN HAYATI DARI BERBAGAI MEDIA
1.    Keanekaragaman hayati atau bidiversitas (bahasa inggris biodiversity) adalah suatu istilah pembahasan yang mencakup semua bentuk kehidupan, yang secara ilmiah dapat dikelompokan menurut skala organisasi biologisnya, yaitu mencakup gen, spesies tumbuhan, hewan dan mikroorganisme dan proses-proses ekologi dimana bentuk kehidupan ini merupakan bagiannya. Dapat juga diartikan sebagai kondisi keanekaragaman bentuk kehidupan dalam ekosistem atau bioma tertentu. Keanekaragaman hayati seringkali digunakan sebagai ukuran kesehatan system biologis.
2.    Keanekaragaman hayati adalah keseluruhan variasi berupa bentuk, penampilan, jumlah, dan sifat yang dapat ditemukan pada makhluk hidup. Keanekaragaman hayati merupakan lahan penelitian dan pengembangan ilmu yang sangat berguna untuk kehidupan manusia.
3.    Apabila mendengar kata “Keanekaragaman” dalam pikiran anda mungkin sekumpulan benda yang bermacam-macam, baik ukuran, warna, bentuk, tekstur dan sebagainya. Bayangan tersebut memang tidak salah. Kata Keanekaragaman memang untuk menggambarkan keadaan bermacam-macam suatu benda, yang dapat terjadi akibat adanya perbedaan dalam hal ukuran, warna, bentuk, tekstur dan sebagainya. Sedangkan kata “hayati” menunjuk sesuatu yang hidup. Jadi, keanekaragaman hayati menggambarkan bermacam-macam makhluk hidup (organisme) penghuni biosfer. keanekaragaman hayati disebut juga “Biodiversitas”. keanekaragaman atau keberagaman dari makhluk hidup dapat terjadi karena akibat adanya perbedaan ukuran, warna, bentuk, tekstur dan sebagainya. Sedangkan keanekaragaman dari makhluk hidup dapat terlihat dengan adanya persamaan cirri antara makhluk hidup. Untuk memahami konsep keberagaman dan keanekaragaman makhluk hidup.
4.    Keanekaragaman hayati (biodiversity atau biological diversity) merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkab kekayaan berbagai bentuk kehidupan di Bumi ini mulai dari organisme bersel tunggal sampai organisme tingkat tinggi. Keragaman hayati mencakup keragaman habitat, keragaman spesies (jenis), keragaman genetic (variasi sifat dalam spesies).
5.    Keanekaragaman hayati adalah variasi tingkat bentuk kehidupan dalam suatu ekosistem tertentu, bioma, atau seluruh planet. Keanekaragaman hayati adalah ukuran dari kesehatan ekosistem. Keanekaragaman hayati adalah sebagian fungsi dari iklim. Pada habitat darat, daerah tropis biasanya kaya sedangkan daerah-daerah kutub dukungan spesies yang lebih sedikit. Perubahan lingkungan yang cepat biasanya menyebabkan perubahan massa. Salah satu perkiraan adalah bahwa kurang dari 1% dari spesies yang telah ada di Bumi masih ada.
      Keanekaragaman hayati yang ditemukan adalah hasil dari miliaran tahun proses evolusi. Asal muasal kehidupan belum diketahui secara pasti dalam sains. Hingga sekitar 600 juta tahun yang lalu, kehidupan di Bumi berupa archaea, bakteri, protozoa, dan organisme selular lainnya sebelum organisme multiselular muncul dan menyebabkan ledakan keanekaragaman hayati yang begitu cepat, namun secara periodic dan eventual juga terjadi secara besar-besaran akibat aktivitas bumi, iklim, dan luar angkasa.
            Perbedaan Keanekaragaman hayati dapat disebabkan oleh faktor abiotik maupun faktor biotic, perbedaan keadaan udara, cuaca, tanah, kandungan air, dan intensitas cahaya matahari menyebabkan adanya perbadaan hewan dan tumbuhan yang hidup. Hal tersebut mengakibatkan adanya Keanekaragaman hayati. Pada umumnya pola distribusi penyebaran tumbuhan dan hewan dikendalikan oleh faktor abiotik seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Perubahan pda fakto abiotik dapat menyebabkan organisme berkembang dan melakukab spesialisasi.
            Di Negara kita Indonesia, Keanekaragaman hayati merupakan sumber daya yang penting bagi pembangunan nasional. Sejumlah besar faktor perekonomian nasional tergantung secara langsung ataupun tak langsung dengan Keanekaragaman flora-fauna, ekosistem alami, dan fungsi-fungsi lingkungan yang dihasilkannya. Keanekaragaman hayati ini juga merupakan anugerah terbesar bagi masyarakat Indonesia. Karena Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki Keanekaragaman hayati terbesar di dunia.


        Sumber :





Industri kreatif produk makanan berbasis pangan lokal untuk kesejahteraan rakyat
        Ditinjau dari sumber daya wilayah, sumer daya alam Indonesia memiliki potensi ketersediaan pangan yang beragam dari suatu wilayah ke wilayah lainnya, baik sebagai sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral yang berasal dari kelompok padi-padian, umbi-umbian, pangan, hewani, kacang-kacangan, sayur, buah-buahan dan biji berminyak. Potensi sumber daya pangan tersebut belum seluruhnya dimanfaatkan secara optimal untuk dikembangkan menjadi industri kreatif, mengingat pangan adalah basis dasar penopang sumber energi manusia hingga mampu beraktifitas dan berproduksi. Sehingga pola konsumsi pangan rumah tanggamasih didominasi pada beras dan keanekaragaman konsumsi pangan dan gizi yang sesuai dengan kaidah nutrisi yang seimbang, belum terwujud.
        Memperhatikan kondisi dan peluang perkembangan penganekaragaman konsumsi pangan harus diarahkan untuk memperbaiki konsumsi pangan penduduk baik jumlah, mutu, dan keragaman sehingga dapat diwujudkan konsumsi pangan dan gizi yang seimbang, seiring mengurangi ketergantungan pada beras dan pangan impor. Kondisi tersebut dapat tercapai apabila pangan yang dibutuhkan dapat diproduksi dan tersedia setiap saat dalam jumlah, mutu, ragam yang cukup, serta aman dan terjangkau oleh masyarakat baik secara ekonomis maupun fisik. Langkah nyata untuk mewujudkan penganekaragaman konsumsi pangan adalah dengan memanfaatka sumber dayadan potensi yang sangat besar dalam menghasilkan pangan lokal disetiap wilayah melalui pengembangan industri kreatif.
        Definisi industri kreatif dari departemen perdagangan RI adalah industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan, serat bakat individu untuk meciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut. Sementara ekonomi kreatif didefinisikan sebaga system kegiatan manusia yang berkaitan dengan produksi, distribusi, pertukaran, serta konsumsi barang dan jasa yang bernilai kultural artistic, dan hiburan. Ekonomi kreatif bersumber pada kegiatan ekonomi dari industri kreatif. Nilai ekonomi dari suatu produk atau jasa di era kreatif tidak lagi ditemukan oleh bahan baku atau sistem produksi seperti pada era industri , tetapi pada pemanfaatan kreativitas dan inovasi. Industri tidak dapat lagi bersaing di pasar global dengan hanya mengandalkan harga atau mutu produk saja, tetapi bersang berbasiskan inovasi, kreativitas, dan imajinasi.
        Penganekaragaman konsumsi pangan yang diikuti pengembangan produk melalui industri kreatif akan memberikan dorongan dan insentif kepada penyediaan produk pangan yang lebih beragam dan aman untuk dikonsumsi termasuk pangan yang berbasis sumber daya lokal. Pemulihan sumber pangan lokal sebagai cadangan pangan akan menimbulkan efek positif, seperti terhidupinya para petani dan tumbuhnya industri pangan lokal, seperti industri pengolahan pangan non beras yang berbasis lokal dan mengurangi ketergantungan pada produk pangan impor. Dengan memanfaatkan teknologi dan pengolahan yang tepat berbagai pangan lokal dapat dijadikan berbagai variasi makanan yang layak diunggulkan sebagai peluang pembentukan industri kreatif bidang makanan sekaligus mendukung program diversifikasi pangan.
        Menteri perdagangan Mari Elka Pangestu Dalam Konferensi The 2nd World International Property Organization (WIPO) International Conference On Intellectual Property And The Creative Industries. Di nusa dua mengatakan, PDB Indonesia dari industri kreatif lebih kecil dibandingkan dengan Negara maju seperti Inggris sebesar 7,9% dengan pertumbuhan pertahun 9%. Namun, kontribusi industri kreatif Indonesia terhadap PDB masih lebih besar dibandingkan dengan Selandia Baru sebesar 3,1 % dan Australia sebesar 3,3 %.
        Selama tahun 2002 – 2006 rata-rata industri kreatif di Indonesia mampu menyerap tenaga kerja 5,8% atau 5,4 juta pekerja. Nilai ekspor dari industri kreatif mencapai Rp.69,8 triliun atau 10,6% dari ekspor nasional. Menurut Mari, pada tahun 2009 – 2015, yang disebut tahap penguatan dasar dan fondasi, peningkatan kontribusi PDB dari industri kreatif ditargetkan sebesar 7% - 8%.
        Sementara peningkatan kontribusi ekspor menjadi 11% - 12% dan penyerapan tenaga kerja 6% - 7%. Pada tahun 2015 – 2025 jumlah kantong industri kreatif akan menjadi dua kali lipat dari jumlah yang ada sampai tahun 2015. Dengan demikian peluang pengembangan industri kreatif berbasis pangan lokaldapat dijadikan basis yang cukup memiliki andil besar dalam sumbangsih peningkatan kesejahteraan penduduk umumnya dan masyarakat petani khususnya sehingga akan berimbas pada menurunnya angka kemiskinan penduduk.


  Sumber :




Cara budidaya tanaman singkong
Masyarakat Indonesia memang sudah sangat akrab dengan makanan yang satu ini, singkong. Singkong atau yang sering disebut dengan ubi kayu sering diklaim sebagai makanan kedua setelah nasi sebagai makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat. 
    Cara menanam singkong memanglah tidak terlalu sulit, asalkan ada lahan disitu singkong bisa tumbuh. Teramat mudahnya hidup, kayu singkong kita letakkan ditanah saja bisa tumbuh tunas-tunas baru. Memang asal tancap kayu singkong saja memang sangat bisa tumbuh tanaman singkong tersebut. Namun tetap saja pertumbuhan singkong tersebut kurang maksimal, cara menanam singkong yang benar akan membuat pertumbuhan singkong tersebut lebih optimal. Nah, bagaimana cara menanam singkong dengan baik? 
              Cara menanam singkong dengan baik akan kita ulas dibawah ini. Cara Menanam Singkong Dengan Benar Inilah beberapa langkah cara menanam singkong dengan benar : 
1. Persiapan Bibit Bibit singkong adalah dengan batangnya, batang yang baik untuk bibit adalah batang yang berdiameter sekitar 2-3 cm. Potonglah batang yang akan dijadikan bibit dengan panjang berkisar antara 15 – 22 cm dengan menggunakan sabit steril, jangan memotong menggunakan gergaji.
2. Persiapan Lahan dan Penanaman Gemburkan lahan yang akan ditanami terlebih dahulu dengan cara mencangkulnya dan biarkan tanahnya tetap disana (dibuat gudukan). Campurkan tanah humus/pupuk kandang secukupnya. Boleh dicampur sedikit sampah organik seperti dedaunan agar nantinya dapat menjadi kompos. Setelah tanah digemburkan, tancapkan batang/bibit tersebut ke tanah yang telah digemburkan, siram air bila perlu. Ingat, penanamannya tidak boleh terbalik mata tunasnya, mata tunasnya harus menghadap keatas. Tanam dengan jarak 100 cm x 100 cm. Ini adalah cara menanam singkong yang baik.
3. Perawatan Perawatan tanaman singkong memang cukup mudah, cukup bersihkan tanaman hama yang tumbuh dan mengganggu disekelilingnya. Lakukan penyiraman dengan teratur dan berikan pupuk yang cukup. Pemupukan bisa dilakukan 2 kali yaitu pada umur empat hari dengan pupuk NPK sebanyak 200 kg/ha, pemupukan yang kedua adalah setelah berumur 3 bulan dengan NPK dengan jumlag 300 kg/ha.
4. Pemanenan Singkong berada pada akarnya. Pemanenan dilakukan setelah sekitar pohon singkong berumur 8 – 10 bulan. Untuk konsumsi sanda bisa memanennya sekitar 8 – 9 bulan tetapi untuk industri diambil tepungnya sebaiknya pemanenen sekitar umur 10 bulan. Cara memanennya adalah dengan memangkas batangnya terlebih dahulu dengan menyisakan 15 cm untuk pegangan mencabutnya. 
Anda dapat menggali dengan linggis dan tangan, hindari mengguanakan cangkul karena dapat melukai kulit singkong. Cara menanam singkong memanglah sederhana, setiap batang yang ditancapkan ke tanah biasanya langsung akan tumbuh setelah beberapa hari. Akan tetapi cara menanam singkong yang benar akan membuahkan hasil yang optimal. 





Ide kreatif
1.       Judul                             : Usaha keripik singkong
2.       Bahan-bahan             :
a. 75gram cabai merah
b. ½ sendok teh kapur sirih
c. Minyak goreng
d.  2 kg Singkong (Seperlunya saja)
e. 8 Bawang putih
f.  1 sendok garam
g.  Air
3.       Pembuatannya        :
                                                                1. Kupas terlebih dahulu singkongnya lalu dicuci hingga bersih.
                                                                2. Setelah bersih tiriskan airnya, lalu singkong dipotong tipis-                                                                   tipis menggunakan alat potong menggunakan pisau.





3. Jemur singkong yang sudah dipotong-potong dibawah terik matahari sampai benar-benar kering.
4. Haluskan bawang putih dan garam, lalu masukkan dalam air secukupnya.
5. Masukkan irisan singkong ke dalam air yang sudah dibumbui lalu rendam agak lama (sekitar 1/2 jam) agar bumbu bisa meresap ke dalam singkong dengan sempurna, setelah itu tiriskan.

6. Tahap pembuatan keripik singkong selanjutnya adalah menggoreng. Tuang dan panaskan minyak goreng yang banyak ke dalam wajan penggorengan besar dengan api kecil. Setelah panas, masukkan irisan singkong yang telah dibumbui jangan sampai lengket. Masak hingga pinggir-pinggir irisan singkong terlihat kecokelatan. Setelah itu angkat dan tiriskan.



7.Setelah melalui tahap penggorengan, kripik singkong kemudian di kemas semenarik mungkin dan siap dijual.









4.       Pangsa pasarnya     :
Untuk memulai sebuah usaha harus dari kecil. Mula-mula dicoba dengan penjualan dijajakan kepada orang-orang, tapi kemudian penjualannya lewat sosial media. Pada dasarnya pangsa pasar produk keripik singkong sangatlah luas, target pasar tergantung dari cara menjualnya. Jika keripik singkong dijajakan dengan dijajakan atau ditawarkan tentu sangat jelas pangsa pasarnya adalah masyarakat menengah kebawah, namun jika dikemas dengan rapi dan diberi label atau nama produk tentu pangsa pasarnya adalah masyarakat menengah keatas. Tapi kami dalam menjual keripik singkong tidak terfokus dan tidak membatasi pada apapun. Jadi, masyarakat dari kalangan manapun dapat membelinya.
5.       Pemasarannya         :
        
    Pemasaran dalam penjualan keripik singkong yaitu lewat sosial media. Dengan begitu konsumen akan lebih mudah dalam mendapatkan keripik singkong hanya dengan cara memesan saja. Sebenarnya ide yang tercetus dari kami hanya mencoba tapi mudah-mudahan bisnis usaha keripik singkong dapat berjalan lancar. Bagi konsumen yang benar-benar akan memesan nanti akan diminta alamat dan nomor handphone, karena untuk memudahkan dalam pengiriman keripik singkong.
    Kemudian bagi konsumen yang memesan lewat sosial media maksimal harus 5 bungkus keripik singkong, karenanya jika hanya memesan satu atau dua bungkus tidak dilayani. Dalam memesan keripik singkong konsumen juga bisa pesan berbagai rasa tapi jelas harganya sedikit berbeda dengan yang ada pada umumnya.
6.       Kategori ide               :
a.       Outentik                                              : Belum
b.       Cara membuat                                 : Mudah
c.       Cara memasarkannya                   : Mudah
d.       Kemungkinan-kemungkinan     :
Ø  Pertama, jika konsumen tertarik dengan keripik singkong yang penjualannya lewat sosial media maka kemungkinan besar akan banyak konsumen yang mau untuk memesan keripik singkong.
Ø  Didalam penjualan selanjutnya apabila konsumen benar-benar akan memesan kemudian barang sudah dikirimkan, apabila konsumen tidak jadi untuk membeli keripik singkong. Kemungkinan kami akan mengalami kerugian akibat biaya ongkos pengiriman.
Ø  Apabila kami menjual keripik singkong dengan cara menjajakan/menawarkan dengan cara berkeliling bila tidak laku akan menimbulkan kerugian. Tapi lebih efisien dengan melalui sosial media.
Ø  Selanjutnya bila keripik singkong yang kami jual ternyata memang benar laku. Maka kami akan memperbanyak produksi, sehingga bila konsumen yang ingin membeli itu mendadak maka masih akan ada banyak persediaan keripik singkong yang ada.
Ø  Didalam mengatasi masalah persaingan antar sesama penjual keripik singkong. Kami bisa atasi dengan cara, yakni bila konsumen memesan dalam jumlah banyak maka kami akan memberikan bonus. Dengan begitu konsumen akan lebih tertarik dengan keripik singkong buatan kami.
Ø  Kemungkinan dalam menjual keripik singkong kami tidak sepenuhnya terfokus melalui sosial media. Tapi bilamana ada konsumen yang ingin membeli, bisa langsung datang.
Ø  Bagi konsumen yang hendak membeli tapi susah dihubungi atau susah diminta alamatnya maka snack keripik singkong tidak bisa dikirimkan. Karena kami hanya melayani khusus buat yang mau serius saja.
Ø  Terakhir, kemungkinan kami tidak menjual keripik singkong disupermarket, swalayan atau took-toko lainnya. Karena keuntungan yang kami peroleh dari hasil penjualan keripik singkong tidak terlalu besar. Karena satuhal keripik singkong buatan kami belum mendapat ijin dari BPOM. Belum lagi hasil keuntungan tersebut harus dibagi rata dengan kawan-kawan yang turut serta membantu dalam bisnis keripik singkong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar