Kamis, 16 Juni 2016

LATIHAN-LATIHAN SOAL SEJARAH KELAS XII IPS



1. apa yang menyebabkan terjadinya Revolusi Bolshevik?
a. Perang Rusia – jepang (1904-1905)
perang tersebut disebabkan karena berlainan kepentingan dua Negara dalam beberapa hal.
b. Perang duniaI (1914-1918)
latar belakang Rusia ikut andil dalam perang dunia ke I adalah berpartisipasi dalamkancah politik internasional serta Rusia sebagai banga Slav menjadi pendorong kuat terjun dalam perang, hal ini terlihat dengan dukungan terhadap Serbia
c. adanya ajaran marxisme
Revolusi Bolshevik muncul berdasarkan pada ajaran marxisme yang sedang gencar dilakukan
d. Naiknya Rezim Bolshevik
Bolshevik merupakan fraksi terbesar dalam partai pekerja sosial Demokrat yang kemudian memisahkan diri menjadi partai tersendiri menjadi RSDRP.
e. Terbentuknya Republik Sosial  Federasi Rusia (RSFR)
Dalam siding III dewan pekerja, militer, dan petani di Petrograd, kaum Bolshevik meresmikan berdirinya Negara Republik Soviet Rusia yang telah diProklamirkan pada tanggal 7 Januari 1917 dan mengubah namanya menjadi Republik Soviet Sosialis Federasi Rusia.

2. sebutkan 7  presdien yang pernah memimpin USSR?
a. Vladimir Lenin
b. Lev Trotsky
c. Josef Stalin
d. Nikita Khrushchev
e. Leonia Brezhnev
f. Yuri Andropov
g. Michael Gorbacev

3. sebutkan 15 negara republic yang menyatakan menyatukan diri menjadi USSR?
Rusia, Latvia, Lithuania, Estonia, Georgia, Moldovia, Ajerbaijan, Armenia, Kazakstan, Kirgistan, Tadjikistan, Ukraina, Uzbekistan Turkmenistan, dan Belarusia

4. sebut dan jelaskan pembaruan yang dilakukan oleh Michael Gorbacev?
a. Perestroika
merupkan istilah bahasa Rusia untuk Reformasi politik dan ekonomi yang dimulai pada Juni 1987 oleh Presiden Uni-Soviet Michael Gorbacev. Perestroika berarti Rekonstruksin yakni merujuk pada Restrukturisasi ekonomi di Uni-Soviet.
b. Glasnost
merupaka kebijakan yang dilakukan selama masa pemerintahan Michael Gorbacev pada pertengahan 1980-an. Kebijakan ini meliputi keterbukaan pada semua bidang di Institusi Pemerintahan Uni-Soviet termasuk kebebasan Informasi.
c. Demokratizatsiya
menghargai hak individu, pendemokratisasian.
d. Zakonost
merupakan proses peradilan atau penegak hokum secara adil, bebas dan terbuka.
e. Navoye nyscheleniye
merupaka politik luar negeri Uni-Soviet yaitu salah satu kebijakan Michael Gorbacev untuk mereformasi Uni-Soviet agar lebih baik.

5. apa tujuan yang ingin dicapai dari pembaruan Micahel Gorbacev?
Tujuannya yaitu untuk memperbaiki dan memperbarui struktur pemerintah dan masyarakat Uni-Soviet yang pada akhir tujuannya untuk memperkuat system sosialis. Tujuan akhir dari system ini adalah untuk memperbaiki masyarakat Uni-Soviet secara politik, ekonomi, dan moral.

6. Sebutkan sebab khusus dan sebab umum runtuhnya Uni-Soviet?
A. Sebab Umum runtuhnya Uni-Soviet :
a. system marxisme ternyata tidak memiliki kontrol efektif baik terhadap bidang politik maupun ekonomi.
b. marxisme tidak memiliki kelenturan dalam menghadapi perubahan jaman.
c. kebijakan dari Michael Gorbacev tentang Perestroika dan Glasnost bertentangan dengan Marxisme.
d. adanya kebijakan lain dari Michael Gorbacev yang membahayakan Komunisme yaitu membiarkan dibukanya tembok Berlin.
e. Marxisme yang lebih mengadalkan kekuatan kaum buruh, tidak sesuai dengan keadaan Uni-Soviet yang sebagian besar penduduknya kaum petani yang ingin mempunyai hak milik.
B. Sebab Khusus runtuhnya Uni-Soviet :
a. Sifat Totaliter
b. Bubarnya Pakta Warsawa
c. Komunisme sebagai Doktrin
d. Banyaknya Etnis
e. Teknologi Informasi
f.  Lahirnya Generasi Baru

7. sebutkan 4 dampak runtuhnya Uni-Soviet terhadap situasi dunia?
a. berakhirnya perang dingin antara blok barat yang dipimpin USA dan blok timur yang dipimpin Uni-Soviet
b. berkurangnya kecemasan dunia terhadap perang dunia ke III
c. Banyak Negara Komunis menjadi Negara Demokrasi
d. USA tampil sebagai Negara Adidaya

8. Mengapa Pakta Warsawa dibubarkan sedangkan Nato tidak?
Pakta Warsawa dan Nato didirikan karena untuk mempertegas situasi dunia yang tengah dilanda perang dingin dan Eropa menjadi 2 kekuatan (Blok barat dan Blok timur). Namun Pakta Warsawa dibubarkan karena seiring dengan gelombang Revolusi Demokratik di Eropa dan Bubarnya Uni-Soviet dan Perang dingin berakhir yang dimenangkan oleh USA. Sedangkan NATO adalah organisasi Internasional yang berfungsi menjaga keamanan Negara atau menjaga keamanan bersama yang didirikan pada 1949 dengan persetujuan Atlantik Utara yang ditandtangani di Washington DC Amerika Serikat pada 4 April 1949.

9. Jelaskan secara Kronologis proses Reunifiasi Jerman?
- 1989 (Pengungsian dari RDJ)
Pada bulan September banyak warga melarikan diri melalui Perbatasan “hijau” antara Hungaria dan Austria, arus pengungsian terbesar sejak pendirian tembok Berlin. Kedutaan besar RFJ di Prahadan Warwawa harus ditutup karena tidak dapat menampung lagi warga RDJ yang ingin meninggalkan negaranya. Pada tanggal 30 September, mentri luar negeri federal Hans-Dietrich Gen Cher mengumumkan di Praha, bahwa semua pengungsi dari RDJ yang berada di kedutaan besar RFJ boleh pergi Ke Jerma barat.
- 1989 (Runtuhnya Tembok Berlin)
Dengan adanya tekanan dari penduduk sendiri, malam hari pada tanggal 9 November pos penyebrangan perbatasan ke Jerman Barat dibuka oleh RDJ, Revolusi damai berhasil meruntuhkan tembok Berlin dan dengan demikian menghapuskan batas antara Jerman timur dan Jerman Barat.
- 1990 (Introduksi Deuthsche Mark)
Pada tanggal 1 juli mulai berlakunya Uni-moneter dengan diresmikannya mata uang DM di RDJ.
- 1990 (Perjanjain 2+4)
Berkat perjanjian yang diikat pada tanggal12 september Jerman bersatu memperoleh kedaulatan penuh. Hak-hak kekuasaan dari keempat Negara sekutu ditangguhkan pada 3 Oktober 1990 sampai mulai berlakunya perjanjian pada tanggal 15 Maret 1991.
- 1990 (Reunifikasi jerman)
Perjanjian mengenai persatuan Jerman mulai berlaku pada tanggal 3 oktober. Kelima Negara bagian RDJ bergabung dengan wilayah berlakunya Undang-Undang dasar RFJ menurut ayat 23.
- 1990 (Pemilihan umum pertama di Jerman)
Pada tanggal 2 September 1990 diselenggarakan pemilihan umum untuk Bundestag yang pertama diseluruh Jerman.
- 1991 (Berlin menjadi tempat kedudukan pemerintah)
Bundestag memutuskan pemindahan parlemen dan pemerintah dari Bonn ke Ibu Kota Baru.
- 1993 (Pakta Solidaritas 1)
Dengan “Pakta Solidaritas” antara Federasi dan Negara bagian diletakan dasar bagi pembangunan di Jerman bagian Timur. Berkat kesepakatan itu kelima Negara bagian baru menerima bantuan total sebesar 94,5 miliar Euro sampai akhir tahun 2004. Kemudian pada tahun 2005 diikat Pakta Solidaritas II. Sampai tahun 2019 dialokasikan 156 Miliar Euro lagi untuk Negara bagian tersebut
- 1994 (Penarikan tentara Sekutu)
Penarikan tentara Rusia dari jerman bersatu selesai dilakukan pada akhir bulan Agustus. Pada tanggal 8 September berakhir pula kehadiran militer dari AS, Inggris, dan Perancis.
- 2004 (UE diperluas ke Eropa)
Diatas jembatan-jembatan yang menyebrangi sungai, Oder dan Neibe dirayakan penambahan anggota UE dengan sepuluh Negara, terutama dari Eropa tengah dan Eropa timur.
- 2007 (Pertemuan G8 di Heiligendamm)
Melalui konferensi puncak ke delapan negara Industri besar, nama tempat tetirah di pantai laut Baltik menjadi terkenal di dunia
- 2009 (peringatan 20 tahun runtuhnya tembok Berlin)
Didepan gerbang Bradenburg, Jerman merayakan peristiwa runtuhnya Tembok Berlin 20 Tahun lalu bersama tamu dari seluruh dunia.

10. Mengapa Reunifikasi Jerman dikhawatirkan oleh dunia?
Reunifikasi Jerman dikhawatirkan dunia karena mungkin terjadi perang dunia ke III setelah sebelumnya yaitu:
a. Pada perang dunia I (1914-1918)
Jerman berusaha memperluar wilayahnya dan Kaisar Wilhelm II ingin menjadikan Jerman sebagai Negara yang paling kuat di dunia. Kemudian pada 1 Agustus 1914 jerman mengumumkan Perang Kepada Rusia
b. Pada Perang dunia II
Jerman yang sudah kalah dengan Perang dunia Ke I dan sudah merasa sangat dihinakan oleh perjanjian Versailes ingin membalas dendam kepada Perancis.
Nah, pelaku pada PD I dan PD II adalah Jerman. Oleh karena itu dari bersatunya jerman barat dan Jerman timur dikhawatirkan bisa menyebabkan terjadinya perang dunia III

Tidak ada komentar:

Posting Komentar