PEMANFAATAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA
DAN UPAYA PEMBUDIDAYAAN DALAM MENDUKUNG
PENYEDIAAN
BAHAN PANGAN, OBAT-OBATAN DAN DAYA KREATIF
(Simbol Sekolah kalian)
Disusun oleh :
1.
Diky Anwar (NIS : 1314.10.246)
2.
Anggun Sinta (NIS : 1314.10.244)
3.
Dini Apriliani (NIS : 1314.10.247)
4.
Dini Lestari (NIS : 1314.10.248)
5.
Suherti (NIS
: 1314.10.266)
6.
Tri Gayuh Mughnizal (NIS : 1314.10.269)
Kelas : XI –
IIS 4
PEMERINTAH KABUPATEN CIREBON
DINAS PENDIDIKAN
SMA
NEGERI 1 (NAMA SEKOLAH KALIAN)
Jl. Yudhistira No. 30 Desa Karangasem Kec. (nama
sekolah kalian) kab. Cirebon
Tahun ajaran 2013/2014
Rabu, 16 September 2014
1. MANFAAT KEANEKARAGAMAN HAYATI
A.
Manfaat keanekaragaman hayati
1.Manfaat dari segi ekonomi
Jenis
hewan (fauna) dan tumbuhan (flora) dapat diperbarui dan dikelola secara
berkelanjutan. Beberapa jenis kayu yang memiliki manfaat bagi kepentingan
masyarakat Indonesia maupun untuk kepentingan ekspor. Jenis kayu kayu terebut
antara lain kayu ramin, gahru, meranti, dan jati, jika diekspor akan
menghasilkan devisa bagi Negara. Beberapa tumbuhan juga dapat dijadikan sebgai
sumber makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin serta ada tumbuhan
yang dapat dimanfaatan sebagai obat-obatan dan kosmetik.
Sumber
daya dari hewan dapat dimanfaatkan sebagai sumber makanan dan untuk kegiatan
industri. Dua pertiga wilayah Indonesia adalah perairan yang dapat dijadikan
sumber daya alam yang bernilai ekonomi. Laut, sungai dan tambak merupakan
sumber-sumber perikanan yang berpotensi ekonomi. Beberapa jenis diantaranya
dikenal sebagai sumber bahan makanan yang mengandung protein.
2. Manfaat
dari segi wisata dan ilmu pengetahuan
Kekayaan
aneka floran dan fauna sudah sejak lama dimanfaatkan untuk pengembangan ilmu
pengetahuan. Hingga saat ini masih banyak jenis hewan dan tumbuhan yang belum
dipelajari dan belum diketahui manfaatnya. Dengan demikian keadaan demikian
masih bisa dimanfaatkan sebagai sarana dan pengembangan pengetahuan dan
penelitian bagi berbagi bidang pengetahuan. Misalnya penelitian mengenai sumber
makanan dan obat-obatan yang berasal dari tumbuhan. Umumnya secara langsung
manusia menjadikan hewan sebagai objek wisata dan liburan.
3. Manfaat
dari segi sosial dan budaya
Masyarakat
Indonesia ada yang menetap diwilayah pegunungan, dataran rendah maupun yang
dekat dengan perairan. Masyarakat tersebut telah terbiasa dan menyatu dengan
keadaan lingkungan sekitarnya. Kegiatan memanen hasil hutan maupun pertanian
merupakan kegiatan yang khas bagi masyarakat yang tinggal dipegunungan atau
dataran tinggi.
Masyarakat
tersebut yang hidup berdekatan dengan laut, sungai, dan hutan memiliki aturan
tertentu dalam upaya memanfaatkan tumbuhan dan hewan. Masyarakat memiliki
kepercayaan tersendri mengenai alam. Dengan adanya aturan-aturan tersebut,
keanekaragaman hayati akan terus terjaga keletariannya.
4. Manfaat dalam ekologi
Keanekaragaman
hayati merupakan komponen dalam ekosistem yang sangat penting, misalnya hutan
hujan tropis. Hutan hujan tropis memiliki nilai ekologis atau nilai lingkungan
yang penting bagi bumi, antara lain :
a.
merupakan paru-paru bumi kegiatan fotosintesis
hutan hujan tropis yang dapat menurunkan
kadar karbondioksida Co2 di atmosfer yang berarti dapat
mengurangi pencemaran udara dan dapat mencegah efek rumah kaca.
b.
Dapat menjaga kestabilan iklim global yaitu
mempertahankan suhu dan kelembaban udara. Selain berfungsi untuk menunjang
kehidupan manusia, keanekaragaman hayati memiliki peranan dalam mempertahankan
keberlanjutan ekosistem. Masing-masing jenis organisme memiliki peranan dalan
ekosistemnya. Peranan ini tidak dapat difgantikan oleh jenis lain. Sebagai
contoh, burung hantu dan ular merupakan diekosistem sawah merupakan pemakan
tikus. Jika kedua pemangsa ini dilenyapkan oleh manusia, maka tidak ada yang
mengontrol populasi tikus. Akibatnya perkembangbiakan tikus meningkat cepat dan
dimana-mana terjadi hama tikus.
c.
Selain berfungsi untuk menunjang kehidupan
manusia, keanekaragaman hayati memiliki peranan dalam mempertahankan
keberlanjutan ekosistem. Masing-masing jenis organisme memiliki peranan dalam
ekosistemnya. Peranan ini tidak dapat digantikan oleh jenis lain. Sebagai
contoh, burung hantu dan ular merupakan diekosistem sawah merupakan pemakan
tikus. Jika kedua pemangsa ini dilenyapkan oleh manusia, maka tidak ada yang
mengontrol populasi tikus. Akibatnya perkembangbiakan tikus meningkat cepat dan
dimana-mana terjadi hama tikus.
Tumbuhan merupakan jenis organic dan oksigen, yang dibutuhkan oleh
organisme lain. Selain itu, tumbuhan dapat membentuk humus, menyimpan air
tanah, dan mencegah erosi. Keanekaragaman yang tinggi memperkokoh ekosistem.
Ekosistem merupakan keanekaragaman hayati yang rendah merupakan ekosistem yang
tidak stabil. Bagi manusia, keanekaragaman yang tinggi merupakan gudang
sifat-sifat unggul (plasma nutfah) untuk dimanfaatkan dikemudian hari.
5. Manfaat
dalam farmasi
Manusia
telah lama menggunakan sumber daya hayati untuk kepentingan medis. Selain
pengobatan tradisional, pengobatan modern pun sangat bergantung pada
keanekaragaman hayati terutama tumbuhan dan mikroba. Sumber daya dari tanaman
liar, hewan, dan mikroorganisme juga sangat penting dalam pencarian bahan-bahan
aktif bidang kesehatan. Banyak obat-obatan yang saat ini digunakan berasal dari
tanaman. Beberapa antibiotic berasal dari mikroorganisme, dan struktur kimia
baru ditemukan setiap saat.
6. Manfaat
dalam ilmu pengetahuan dan teknologi
Kekayaan
flora dan fauna sudah sejak lama dimanfaatkan untuk pengembangan ilmu
pengetahuan. Hingga saat ini masih banyak jenis hewan dan tumbuhan yang belum
dipelajari dan diketahui manfaatnya. Dengan demikian keadaan ini masih dapat
dimanfaatkan sebagai sarana pengembangan pengetahuan dan penelitian bagi
berbagai bidang pengetahuan. Misalnya penelitian mengenai sumber makanan dan
obat-obatan yang berasal dari tumbuhan.
7. Manfaat
industri
keanekaragaman
hayati dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan (tempat untuk mendatangkan
devisa untuk industri). Misalnya untuk bahan baku industri, rempah-rempah, dan
perkebunan. Bahan-bahan industri misalnya : kayu gaharu dan cendana untuk
industri kosmetik, kayu jati dan rotan untuk meubel, the dan kopi untuk
industri minuman, gandum dan kedelai untuk industri makanan, dan ubi kayu untuk
menghasilkan alcohol. Rempah-rempah misalnya lada, vanili, cabai, bumbu dapur.
Perkebunan misalnnya : kelapa sawit dan karet.
B.
Manfaat keanekaragaman hayati untuk masyarakat
1.Merupakan sumber sumber kehidupan, penghidupan, dan kelangsungan
bagi umat manusia, karena potensi sebagai sumber pangan, papan, sandang,
obat-obatan serta kebutuhan hidup yang lain.
2.Merupakan sumber ilmu pengetahuan dan teknologi.
3.Mengembangkan sosial budaya umat manusia. Pemanfaatan
keanekaragaman hayati bagi masyarakat ini harus dilakukan secara berkelanjutan
yaitu manfaat yang tidak hanya untuk generasi sekarang tetapi juga untuk
generasi yang akan datang. Oleh karena itu mari kita lestarikan keanekaragaman
hayati yang ada disekitar kita agar dapat dimanfaatkan oleh generasi yang akan
datang.
C.
Nilai keanekaragaman hayati
1.kebutuhan dasar (primer) yaitu kebutuhan bersifat mutlak,
seperti :
2.kebutu han sekunder, kebutuhan untuk lebih menikmati hidup,
seperti :
3. keanekaragaman hayati dapat menghasilkan produk berupa materi
atau jasa yang manfaatnya dapat ditukar dengan uang, misalnya bahan kebutuhan
pokok atau pangan yang diperdagangkan, dikatakan dapat memiliki nilai ekonomi.
4.Bagi suatu Negara tertentu, keanekaragaman hayati dapat
memberikan suatu kebanggaan karena keindahan atau kekhasannya, seperti :
karapan sapi di Madura, ukiran jepara dari kayu jati, lukisan wayang dari kulit
domba dan sebagainya. Keanekaragaman hayati tersebut memiliki nilai budaya.
5. keanekaragaman hayati masih terus diteliti oleh para ahli,
karena sebagai sumber ilmu atau tujuan lain (misalnya : pemuliaan hewan dan
tumbuhan, pelestarian alam, pencarian alternative bahan pangan energy dan
sebagainya). Jadi keanekaragaman hayati memiliki nilai pendidikan.
D.
Manfaat mempelajari keanekaragaman hayati
Keanekaragaman
hayati telah banyak dipelajari oleh manusia sejak jaman dahulu. Hal tersebut
dilakukan selain untuk memenuhi kebutuhan sandang dan pangan juga untuk
keperluan kesehatan dan pengobatan suatu penyakit. Contohny seperti sirih,
lengkuas, kumis kucing, dan pennicilium. Manfaat mempelajari keanekaragaman
hayati antara lain :
1.Mengetahui manfaat masing-masing jenis bagi kehidupan manusia.
2.Mengetahui adanya saling ketergantungan makhluk hidup.
3.Mengetahui cirri-ciri dan sifat masing-masing jenis.
4.Mengetahui kekerabatan antara makhluk hidup
5.Mengetahui manfaat keanekaragaman dalam mendukung kelangsungan
hidup manusia.
Sumber :
Rabu, 16 September 2014
2. BISNIS KREATIF
Apa
bisnis kreatif itu? Dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) kreatif memiliki
daya cipta yang berarti memiliki kemampuan untuk menciptakan sesuatu. Kreatif
juga berarti bersifat (mengandung) daya cipta. Menurut masyarakat ekonomi
kreatif Indonesia, industri kreatif didefinisikan sebagai industri yang berasal
dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk
menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan
mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.
Tahun 2009 ini
istilah bisnis kreatif sudah begitu marak dibicarakan dikalangan para
pembisinis, khususnya anak-anak muda. Dan trend bisnis ini diprediksi akan
setiap hidup, tambah berkembang dan semarak pada tahun-tahun mendatang. Dalam
versi pemerintah istilah bisnis kreatif sendiri adalah bentuk usaha bisnis yang
mencakup 14 kategori (sektor ekonomi). Diantaranya periklanan arsitektur, pasar
seni dan barang antic, kerajinan desain, desain fesyen, video, film dan
fotografi, permainan interaktif, music, seni pertunjukan, penerbitan dan
percetakan, layanan computer dan piranti lunak, televise radio, dan riset
pengembangan.
Apa yang bisa kita
lakukan mengetahui beragam jenis usaha bisnis kreatif tersebut. Rasa-rasanya
bagi anak-anak muda perlu melirik bisnis ini. Kita tahu saat ini kesempatan
mendapatkan pekerjaan begitu sulit. Lihat saja banyak sarjan atau lulusan
perguruan tinggi yang menganggur. Mendaftar pegawai dari kantor ke kantor tapi
banyak yang ditolak. Mereka begitu kesulitan mendapatkan pekerjaan. Nah, satu
pertanyaan yang muncul, mengapa kita tidak berpikir out of the box alias
berpikir keluar dari kotak wawasan pikiran kita. Jika banyak orang yang
berbondong-bondong mencari pekerjaan, sudah saatnya bagi anak-anak muda untuk
merubah pola pikir yaitu berusaha kerja mandiri, mencoba menjadi enterprenur (wirausaha).
Nah, bisnis kreatif adalah jawabannya. Sebenarnya bagaimana karate bisnis
kreatif ini. Berikut sedikit gambarannya :
1.
Pertama, berbasis ide
dalam
industri kreatif yang paling utama adalah ide. Jadi bisa dikatakan bisnis ini
bisnis yang berbasis ide. Sebagai contoh misalnya seorang pedagang kopi. Jika
kita membeli secangkir kopi di warung-warung kopi paling banter seharga
Rp.2000.- sampai dengan Rp.5000,- ini mungkin sebuah harga yang sudah cukup
mahal. Tapi coba lihat sebuah kedai kopi yang berlabel Starbuck coffee.
Harganya bisa 5 bahkan 10 kali lipat lebih mahal. Apa yang bisa kita petik dari
fenomena ini. Dalam industri kreatif berlaku sebuah rumus bahwa nilai ekonomi
suatu produk, jasa bukan lagi di tentukan oleh bahan bakunya atau system produksinya
seperti pada era industi, melainkan pada pemanfaatan kreativitas dan
inovasinya.
2.
Kedua, cukup 3 – 10 orang
Ini
kabar gembiranya untuk membuat usaha dalam lingkup bisnis kreatif kita tidak
harus memerlukan banyak orang. Cukup sedikit orang saja sudah cukup menjalankan
bisnis usaha ini. Usaha ini bisa dimulai dari ide pribadi lalu mengajak
kawan-kawan terdekat yang sekiranya mempunyai ide dan hobby yang sama. Satu hal
yang pasti setiap sumber daya manusi (SDM) meski punya kompetensi dan punya keunggulan
masing-masing.
Untuk
mengoptimalnya kerja-kerja perusahaan dalam bisnis kreatif ini biasanya
menggunakan bantuan teknologi informasi (khususnya internet). Aktivitas dan
pekerjaan dengan memanfaatkan misalnya ; email, website (situs), blog sampai situs
jejaring social facebook. Selanjutnya kita bisa mengadopsi sebuah konsep yang
diluar negeri usaha yang demikian sering dinamakan dengan SOHO (small office
home office) yaitu sebuah konsep usaha
yang dijalankan dari rumah. Rumah dalam hal ini bisa berarti kost, kontarakan
atau apartemen kecil.
Misalnya, di Bandung ada dua dua orang anak
muda yang memproduksi sepatu lukis. Hanya dikerjakan oleh dua orang saja.
Satu
orang bertanggunag jawab dalam membuat sepatu lukis sesuai dengan order
(pesanan). Sepatu tersebut akan dilukis dengan permintaaan calon pembeli. Satu
orang lagi bertugas pengenalan produk kepada konsumen, pemasaran, dan promosi
pada proses transaksi. Mereka menjalankan sepetak kost atau kontarakan.
Begitulah usaha bisnis ini dijalankan. Tak memerlukan banyak orang, cukup
sedikit orang saja, kurang dari 10 orang. Bahkan dilakukan oleh dua orang saja
bisa.
3. Ketiga,
unik dan beda
Dalam seminar bisnis kreatif di Universitas
Indonesia (UI), Rhenal Khasali seorang pakar marketing pernah menyampaikan
sebuah pernyataan menarik. Para pembisnis yang berhasil biasanya memiliki
sebuah ide yang unik dan berbed. Ide bisnis tersebut bukan semata-mata
mendapatkan uang. Ada satu rahasia para pembisnis yaitu apa yang dinamakan dediasi suci. Merek berbisnis semata-mata
tidak mengejar kepentingan pribadi semata (mengejar keuntungan financial /
uang), tapi atas dasar dedikasi suci yang membantu orang lain. Atau setidaknya
membuat kemanfaatan bagi orang lain.
Yang demikian itu bisa dikatakan unik dalam
hal mindset (pola pikir atau latar belakang pemikiran). Setelahnya kita bisa
mengikutinya dengan keunikan dan perbedaan dalam hal produk yang ingin dilepas
kepasar. Cara yang biasa digunakan pembisnis dalam menemukan sebuah bisnis yang
unik daan beda adalah formulasi ATM yaitu amati, tiru, dan modifikasi.
Langkahnya dengan mengamati usaha bisnis
yang ada disekitar tempat tinggal kita, sebuah bisnis yang tampak mendapatkan
keuntungan besar, selanjutnya meniru biasanya dengan membuka sebuah gerai atau
bidang usaha ditempat lain kemudian memodifikasinya agar berbeda dengan yang
sudah ada. Tapi kalau ingin membuat sebuah trobosan besar, ciptakan ide baru
dan jangan mengikuti ide-ide yang sudah ada. Tentu ini sebuah cita-cita besar
dan hanya orang pilihan saja yang bisa
melakukannya. Yakin, anda sebenarnya juga bisa melakukannya. Kata kuncinya
seperti kembali pada esensi bisnis yaitu yang kita bicarakan ini kreativitas.
Sumber :
Rabu, 16 September 2014
3. MANFAAT KEANEKARAGAMAN HAYATI DI
INDONESIA
1. Keanekaragaman hayati sebagai sumber
pangan di Indonesia
Kebutuhan karbohidrat
Indonesia masyarakat Indonesia terutama tergantung pada beras. Sumber lain
seperti ubi jalar, singkong, talas dan sagu sebagai makanan pokok dibeberapa
daerah mulai ditinggalkan. Ketergantungan pada beras ini menimbulkan krisis
pada pangan ang seharusnya tidak perlu terjadi. Selain menanam pangan yang
telah dibudidaya, sebenarnya Indonesia memiliki 400 jenis tanaman penghasil
buah, 370 jenis tanaman penghasil sayuran, 70 jenis tanaman berumbi, 600 jeni
tanaman penyegar dan 55 jenis tanaman rempah-rempah.
Perikanan merupakan
sumber protein murah di Indonesia. Kita mempunyai wilayah Zona Ekonomi
Eksklusif yaitu 200 mil dari garis pantai yang dapat digunakan oleh nelayan
untuk mencari nafkah. Budi daya udang, bandeng, dan lele jumbo sangat potensial
juga sebagi sumber pangan. Oncom, tempe, kecap, tape laru (minuman khas daerah
timur), dan gatot merupakan makanan suplemen yang disukai masyarakat Indonesia.
Jasa mikro organisme seperti kapang, yeast, dan bakteri sangat diperlukan untuk
pembuatan makanan ini. Beberapa jenis tanaman seperti suji, secang, sunir, gula
aren, dan merang padi banyak digunakan sebagai zat pewarna makanan.
2. Keanekaragaman hayati sebagai sandang
dan papan
kapas, remi, yute, kenaf, abaca, dan acave
serta ulat sutera potensial sebagai bahan sandang. Tanaman ini tersebar
diseluruh Indonesi, terutaman di Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. Disamping itu
beberapa suku di Kalimantan, Irian dan Sumatera mengenakan kulit kayu,
bulu-bulu burung, tulang-tulang binatang sebagai aksesoris pakaian mereka.
Semenatara pengrajin batik menggunakan tidak kurang dari 20 jenis tanaman untuk
perawatan batik tulis termasuk buah lerak yang berfungsi sebagai perawatan yang
berfungsi sebagai sabun.
Masyarakat suku Dani di lembah baliem Irian
Jaya menggunakan 6 macam tumbuhan sebagai bahan sandang. Untuk membuat yokel
(pakaian wanita yang sudah menikah) menggunakan jenis tumbuhan (Agrostophyllum
majus) dan wen (ficus drupacea). Untuk pakaian anak gadis dipergunakan jenis
tumbuhan kem (Eleocharis dulcis). Untuk membuat koteka/holim yaitu jenis
pakaian pria yang digunakan jenis tanaman sika (legendaries siceraria),
sedangkan pakaia perang terbuat dari mul (calamus s.p)
3. Sumber daya hayati sebagi sumber obat
dan kosmetik
Indonesia memiliki 940 jenis tanaman obat,
tetapi hanya 120 jenis yang masuk dalam material medika Indonesia. Masyarakat
pulau Lombok mengenal 19 jenis tumbuhan sebagai obat kontasepsi. Jenis tersebut
antara lain : pule, sentul, laos, turi, temulawak, alang-alang, papaya, sukun,
lagundi, nanas, jahe, jarak, merica, kopi, pisang, lantar, cemara, bengkel, dam
duet.
Potensi
Keanekaragaman hayati hanya sebagai kosmetik tradisional telah lama dikenal.
Penggunaan bunga-bungaan seperti ; melati,
mawar, cendana, kenanga, kemuning dll. Lazim digunakan oleh masyarakat terutama
masyarakat Jawa untuk wewangian. Kemuning yang mengandung zat samak
dipergunakan oleh masyarakat Yogyakarta untuk membuat lulur (9 jenis tumbuhan)
yang berkhasiat menghaluskan kulit. Tanaman pacar dugunakan untuk pemerah kuku,
sedangkan ramuan daun mangkokan, pandan, melati, dan minyak kelapa dipakai
untuk pelumas rambut.
4. Aspek cultural sumber daya hayati di
Indonesia
Indonesia kurang lebih memiliki 350
etnis dengan keanekaragaman agama, kepercayaan, dan adat istiadatnya. Dalam
upacara ritual keagamaan atau dalam upacara adat banyak sekali sumber daya
hayati yang dipergunakan. Sebagai contoh ; umat Islam menggunakan sapid an
kambing dewasa pada setiap hari raya korban, sedangkan umat Nasrani memerlukan
pohon cemara setiap natal. Umat Hindu membutuhkan berbagai jeni sumber daya
hayati untuk setiap upacara keagamaan dilakukan. Upacara kematian di Toraja
menggunakan berbagai jenis tumbuhan yang dianggap mempunyai nilai magis untuk
ramuan memandikan mayat misalnya ; limau, daun kelapa, pisang, rempah-rempah
dan lainnya.
Sumber :
Rabu, 16 September 2014
4.
PENGERTIAN
KEANEKARAGAMAN HAYATI DARI BERBAGAI MEDIA
1.
Keanekaragaman hayati atau bidiversitas
(bahasa inggris biodiversity) adalah suatu istilah pembahasan yang mencakup
semua bentuk kehidupan, yang secara ilmiah dapat dikelompokan menurut skala
organisasi biologisnya, yaitu mencakup gen, spesies tumbuhan, hewan dan
mikroorganisme dan proses-proses ekologi dimana bentuk kehidupan ini merupakan
bagiannya. Dapat juga diartikan sebagai kondisi keanekaragaman bentuk kehidupan
dalam ekosistem atau bioma tertentu. Keanekaragaman hayati seringkali digunakan sebagai ukuran kesehatan system
biologis.
2.
Keanekaragaman hayati adalah keseluruhan variasi berupa bentuk, penampilan,
jumlah, dan sifat yang dapat ditemukan pada makhluk hidup. Keanekaragaman
hayati merupakan lahan penelitian dan pengembangan ilmu yang sangat berguna
untuk kehidupan manusia.
3.
Apabila mendengar kata “Keanekaragaman” dalam
pikiran anda mungkin sekumpulan benda yang bermacam-macam, baik ukuran, warna,
bentuk, tekstur dan sebagainya. Bayangan tersebut memang tidak salah. Kata
Keanekaragaman memang untuk
menggambarkan keadaan bermacam-macam suatu benda, yang dapat terjadi akibat
adanya perbedaan dalam hal ukuran, warna, bentuk, tekstur dan sebagainya.
Sedangkan kata “hayati” menunjuk sesuatu yang hidup. Jadi, keanekaragaman
hayati menggambarkan bermacam-macam makhluk hidup (organisme) penghuni biosfer.
keanekaragaman hayati disebut juga “Biodiversitas”. keanekaragaman atau
keberagaman dari makhluk hidup dapat terjadi karena akibat adanya perbedaan
ukuran, warna, bentuk, tekstur dan sebagainya. Sedangkan keanekaragaman dari
makhluk hidup dapat terlihat dengan adanya persamaan cirri antara makhluk
hidup. Untuk memahami konsep keberagaman dan keanekaragaman makhluk hidup.
4.
Keanekaragaman hayati (biodiversity atau biological diversity) merupakan istilah
yang digunakan untuk menggambarkab kekayaan berbagai bentuk kehidupan di Bumi
ini mulai dari organisme bersel tunggal sampai organisme tingkat tinggi.
Keragaman hayati mencakup keragaman habitat, keragaman spesies (jenis),
keragaman genetic (variasi sifat dalam spesies).
5.
Keanekaragaman hayati adalah variasi tingkat bentuk kehidupan dalam suatu
ekosistem tertentu, bioma, atau seluruh planet. Keanekaragaman hayati adalah ukuran dari kesehatan
ekosistem. Keanekaragaman hayati
adalah sebagian fungsi dari iklim. Pada habitat darat, daerah tropis biasanya
kaya sedangkan daerah-daerah kutub dukungan spesies yang lebih sedikit. Perubahan
lingkungan yang cepat biasanya menyebabkan perubahan massa. Salah satu
perkiraan adalah bahwa kurang dari 1% dari spesies yang telah ada di Bumi masih
ada.
Keanekaragaman hayati yang ditemukan adalah hasil dari miliaran tahun proses
evolusi. Asal muasal kehidupan belum diketahui secara pasti dalam sains. Hingga
sekitar 600 juta tahun yang lalu, kehidupan di Bumi berupa archaea, bakteri,
protozoa, dan organisme selular lainnya sebelum organisme multiselular muncul
dan menyebabkan ledakan keanekaragaman hayati
yang begitu cepat, namun secara periodic dan eventual juga terjadi secara
besar-besaran akibat aktivitas bumi, iklim, dan luar angkasa.
Perbedaan Keanekaragaman hayati dapat disebabkan oleh faktor
abiotik maupun faktor biotic, perbedaan keadaan udara, cuaca, tanah, kandungan
air, dan intensitas cahaya matahari menyebabkan adanya perbadaan hewan dan
tumbuhan yang hidup. Hal tersebut mengakibatkan adanya Keanekaragaman hayati. Pada umumnya pola distribusi
penyebaran tumbuhan dan hewan dikendalikan oleh faktor abiotik seperti yang
telah disebutkan sebelumnya. Perubahan pda fakto abiotik dapat menyebabkan
organisme berkembang dan melakukab spesialisasi.
Di Negara kita Indonesia,
Keanekaragaman hayati merupakan
sumber daya yang penting bagi pembangunan nasional. Sejumlah besar faktor
perekonomian nasional tergantung secara langsung ataupun tak langsung dengan
Keanekaragaman flora-fauna,
ekosistem alami, dan fungsi-fungsi lingkungan yang dihasilkannya.
Keanekaragaman hayati ini juga
merupakan anugerah terbesar bagi masyarakat Indonesia. Karena Indonesia
merupakan salah satu Negara yang memiliki Keanekaragaman hayati terbesar di dunia.
Sumber :
Industri
kreatif produk makanan berbasis pangan lokal untuk kesejahteraan rakyat
Ditinjau
dari sumber daya wilayah, sumer daya alam Indonesia memiliki potensi
ketersediaan pangan yang beragam dari suatu wilayah ke wilayah lainnya, baik
sebagai sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral yang berasal dari
kelompok padi-padian, umbi-umbian, pangan, hewani, kacang-kacangan, sayur,
buah-buahan dan biji berminyak. Potensi sumber daya pangan tersebut belum
seluruhnya dimanfaatkan secara optimal untuk dikembangkan menjadi industri
kreatif, mengingat pangan adalah basis dasar penopang sumber energi manusia
hingga mampu beraktifitas dan berproduksi. Sehingga pola konsumsi pangan rumah
tanggamasih didominasi pada beras dan keanekaragaman konsumsi pangan dan gizi
yang sesuai dengan kaidah nutrisi yang seimbang, belum terwujud.
Memperhatikan
kondisi dan peluang perkembangan penganekaragaman konsumsi pangan harus
diarahkan untuk memperbaiki konsumsi pangan penduduk baik jumlah, mutu, dan
keragaman sehingga dapat diwujudkan konsumsi pangan dan gizi yang seimbang,
seiring mengurangi ketergantungan pada beras dan pangan impor. Kondisi tersebut
dapat tercapai apabila pangan yang dibutuhkan dapat diproduksi dan tersedia
setiap saat dalam jumlah, mutu, ragam yang cukup, serta aman dan terjangkau
oleh masyarakat baik secara ekonomis maupun fisik. Langkah nyata untuk
mewujudkan penganekaragaman konsumsi pangan adalah dengan memanfaatka sumber
dayadan potensi yang sangat besar dalam menghasilkan pangan lokal disetiap
wilayah melalui pengembangan industri kreatif.
Definisi
industri kreatif dari departemen perdagangan RI adalah industri yang berasal
dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan, serat bakat individu untuk
meciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan
mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut. Sementara ekonomi
kreatif didefinisikan sebaga system kegiatan manusia yang berkaitan dengan
produksi, distribusi, pertukaran, serta konsumsi barang dan jasa yang bernilai
kultural artistic, dan hiburan. Ekonomi kreatif bersumber pada kegiatan ekonomi
dari industri kreatif. Nilai ekonomi dari suatu produk atau jasa di era kreatif
tidak lagi ditemukan oleh bahan baku atau sistem produksi seperti pada era
industri , tetapi pada pemanfaatan kreativitas dan inovasi. Industri tidak
dapat lagi bersaing di pasar global dengan hanya mengandalkan harga atau mutu
produk saja, tetapi bersang berbasiskan inovasi, kreativitas, dan imajinasi.
Penganekaragaman
konsumsi pangan yang diikuti pengembangan produk melalui industri kreatif akan
memberikan dorongan dan insentif kepada penyediaan produk pangan yang lebih
beragam dan aman untuk dikonsumsi termasuk pangan yang berbasis sumber daya
lokal. Pemulihan sumber pangan lokal sebagai cadangan pangan akan menimbulkan
efek positif, seperti terhidupinya para petani dan tumbuhnya industri pangan
lokal, seperti industri pengolahan pangan non beras yang berbasis lokal dan
mengurangi ketergantungan pada produk pangan impor. Dengan memanfaatkan
teknologi dan pengolahan yang tepat berbagai pangan lokal dapat dijadikan
berbagai variasi makanan yang layak diunggulkan sebagai peluang pembentukan
industri kreatif bidang makanan sekaligus mendukung program diversifikasi
pangan.
Menteri
perdagangan Mari Elka Pangestu Dalam Konferensi The 2nd World
International Property Organization (WIPO) International Conference On
Intellectual Property And The Creative Industries. Di nusa dua mengatakan, PDB
Indonesia dari industri kreatif lebih kecil dibandingkan dengan Negara maju
seperti Inggris sebesar 7,9% dengan
pertumbuhan pertahun 9%. Namun,
kontribusi industri kreatif Indonesia terhadap PDB masih lebih besar
dibandingkan dengan Selandia Baru sebesar 3,1 % dan Australia sebesar 3,3 %.
Selama
tahun 2002 – 2006 rata-rata industri kreatif di Indonesia mampu menyerap tenaga
kerja 5,8% atau 5,4
juta pekerja. Nilai ekspor dari industri kreatif mencapai Rp.69,8 triliun atau
10,6% dari
ekspor nasional. Menurut Mari, pada tahun 2009 – 2015, yang disebut tahap
penguatan dasar dan fondasi, peningkatan kontribusi PDB dari industri kreatif
ditargetkan sebesar 7% - 8%.
Sementara
peningkatan kontribusi ekspor menjadi 11% - 12% dan
penyerapan tenaga kerja 6% - 7%. Pada tahun 2015 – 2025 jumlah kantong
industri kreatif akan menjadi dua kali lipat dari jumlah yang ada sampai
tahun 2015. Dengan demikian peluang pengembangan industri kreatif berbasis
pangan lokaldapat dijadikan basis yang cukup memiliki andil besar dalam
sumbangsih peningkatan kesejahteraan penduduk umumnya dan masyarakat petani
khususnya sehingga akan berimbas pada menurunnya angka kemiskinan penduduk.
Sumber :
Cara budidaya tanaman singkong
Masyarakat Indonesia memang sudah sangat akrab dengan
makanan yang satu ini, singkong. Singkong atau yang sering disebut dengan ubi
kayu sering diklaim sebagai makanan kedua setelah nasi sebagai makanan yang
kaya akan kandungan karbohidrat.
Cara menanam singkong memanglah tidak
terlalu sulit, asalkan ada lahan disitu singkong bisa tumbuh. Teramat mudahnya
hidup, kayu singkong kita letakkan ditanah saja bisa tumbuh tunas-tunas baru.
Memang asal tancap kayu singkong saja memang sangat bisa tumbuh tanaman
singkong tersebut. Namun tetap saja pertumbuhan singkong tersebut kurang
maksimal, cara menanam singkong yang benar akan membuat pertumbuhan singkong
tersebut lebih optimal. Nah, bagaimana cara menanam singkong dengan baik?
Cara menanam singkong dengan baik
akan kita ulas dibawah ini. Cara Menanam Singkong Dengan Benar Inilah beberapa
langkah cara menanam singkong dengan benar :
1. Persiapan Bibit
Bibit singkong adalah dengan batangnya, batang yang baik untuk bibit adalah
batang yang berdiameter sekitar 2-3 cm. Potonglah batang yang akan dijadikan
bibit dengan panjang berkisar antara 15 – 22 cm dengan menggunakan sabit
steril, jangan memotong menggunakan gergaji.
2. Persiapan Lahan dan Penanaman Gemburkan lahan yang
akan ditanami terlebih dahulu dengan cara mencangkulnya dan biarkan tanahnya
tetap disana (dibuat gudukan). Campurkan tanah humus/pupuk kandang secukupnya.
Boleh dicampur sedikit sampah organik seperti dedaunan agar nantinya dapat
menjadi kompos. Setelah tanah digemburkan, tancapkan batang/bibit tersebut ke
tanah yang telah digemburkan, siram air bila perlu. Ingat, penanamannya tidak
boleh terbalik mata tunasnya, mata tunasnya harus menghadap keatas. Tanam
dengan jarak 100 cm x 100 cm. Ini adalah cara menanam singkong yang baik.
3. Perawatan Perawatan tanaman singkong memang cukup
mudah, cukup bersihkan tanaman hama yang tumbuh dan mengganggu disekelilingnya.
Lakukan penyiraman dengan teratur dan berikan pupuk yang cukup. Pemupukan bisa
dilakukan 2 kali yaitu pada umur empat hari dengan pupuk NPK sebanyak 200
kg/ha, pemupukan yang kedua adalah setelah berumur 3 bulan dengan NPK dengan
jumlag 300 kg/ha.
4. Pemanenan Singkong berada pada akarnya. Pemanenan
dilakukan setelah sekitar pohon singkong berumur 8 – 10 bulan. Untuk konsumsi
sanda bisa memanennya sekitar 8 – 9 bulan tetapi untuk industri diambil
tepungnya sebaiknya pemanenen sekitar umur 10 bulan. Cara memanennya adalah
dengan memangkas batangnya terlebih dahulu dengan menyisakan 15 cm untuk
pegangan mencabutnya.
Anda dapat menggali dengan linggis dan tangan, hindari
mengguanakan cangkul karena dapat melukai kulit singkong. Cara menanam singkong
memanglah sederhana, setiap batang yang ditancapkan ke tanah biasanya langsung
akan tumbuh setelah beberapa hari. Akan tetapi cara menanam singkong yang benar
akan membuahkan hasil yang optimal.
Ide kreatif
1. Judul : Usaha keripik singkong
2.
Bahan-bahan :
a. 75gram cabai
merah
b. ½ sendok teh
kapur sirih
c. Minyak goreng
d. 2 kg Singkong (Seperlunya saja)
e. 8 Bawang putih
f. 1 sendok garam
g. Air
3.
Pembuatannya :
1. Kupas terlebih dahulu singkongnya lalu dicuci hingga bersih.
1. Kupas terlebih dahulu singkongnya lalu dicuci hingga bersih.
2. Setelah bersih tiriskan
airnya, lalu singkong dipotong tipis- tipis menggunakan
alat potong menggunakan pisau.
3. Jemur singkong yang sudah dipotong-potong dibawah
terik matahari sampai benar-benar kering.
4. Haluskan bawang putih dan garam, lalu masukkan dalam air secukupnya.
5. Masukkan irisan singkong ke dalam air yang sudah dibumbui lalu rendam agak lama (sekitar 1/2 jam) agar bumbu bisa meresap ke dalam singkong dengan sempurna, setelah itu tiriskan.
4. Haluskan bawang putih dan garam, lalu masukkan dalam air secukupnya.
5. Masukkan irisan singkong ke dalam air yang sudah dibumbui lalu rendam agak lama (sekitar 1/2 jam) agar bumbu bisa meresap ke dalam singkong dengan sempurna, setelah itu tiriskan.
6. Tahap pembuatan keripik singkong selanjutnya adalah menggoreng. Tuang dan panaskan minyak goreng yang banyak ke dalam wajan penggorengan besar dengan api kecil. Setelah panas, masukkan irisan singkong yang telah dibumbui jangan sampai lengket. Masak hingga pinggir-pinggir irisan singkong terlihat kecokelatan. Setelah itu angkat dan tiriskan.
7.Setelah melalui
tahap penggorengan, kripik singkong kemudian di
kemas semenarik mungkin dan siap dijual.
4. Pangsa
pasarnya :
Untuk
memulai sebuah usaha harus dari kecil. Mula-mula dicoba dengan penjualan
dijajakan kepada orang-orang, tapi kemudian penjualannya lewat sosial media.
Pada dasarnya pangsa pasar produk keripik singkong sangatlah luas, target pasar
tergantung dari cara menjualnya. Jika keripik singkong dijajakan dengan
dijajakan atau ditawarkan tentu sangat jelas pangsa pasarnya adalah masyarakat
menengah kebawah, namun jika dikemas dengan rapi dan diberi label atau nama
produk tentu pangsa pasarnya adalah masyarakat menengah keatas. Tapi kami dalam
menjual keripik singkong tidak terfokus dan tidak membatasi pada apapun. Jadi,
masyarakat dari kalangan manapun dapat membelinya.
5.
Pemasarannya :
Pemasaran dalam penjualan keripik singkong
yaitu lewat sosial media. Dengan begitu konsumen akan lebih mudah dalam
mendapatkan keripik singkong hanya dengan cara memesan saja. Sebenarnya ide
yang tercetus dari kami hanya mencoba tapi mudah-mudahan bisnis usaha keripik
singkong dapat berjalan lancar. Bagi konsumen yang benar-benar akan memesan
nanti akan diminta alamat dan nomor handphone, karena untuk memudahkan dalam
pengiriman keripik singkong.
Kemudian bagi konsumen yang memesan lewat
sosial media maksimal harus 5 bungkus keripik singkong, karenanya jika hanya
memesan satu atau dua bungkus tidak dilayani. Dalam memesan keripik singkong
konsumen juga bisa pesan berbagai rasa tapi jelas harganya sedikit berbeda
dengan yang ada pada umumnya.
6.
Kategori ide :
a.
Outentik :
Belum
b.
Cara membuat :
Mudah
c.
Cara memasarkannya : Mudah
d.
Kemungkinan-kemungkinan :
Ø Pertama,
jika konsumen tertarik dengan keripik singkong yang penjualannya lewat sosial
media maka kemungkinan besar akan banyak konsumen yang mau untuk memesan
keripik singkong.
Ø Didalam
penjualan selanjutnya apabila konsumen benar-benar akan memesan kemudian barang
sudah dikirimkan, apabila konsumen tidak jadi untuk membeli keripik singkong.
Kemungkinan kami akan mengalami kerugian akibat biaya ongkos pengiriman.
Ø Apabila
kami menjual keripik singkong dengan cara menjajakan/menawarkan dengan cara
berkeliling bila tidak laku akan menimbulkan kerugian. Tapi lebih efisien
dengan melalui sosial media.
Ø Selanjutnya
bila keripik singkong yang kami jual ternyata memang benar laku. Maka kami akan
memperbanyak produksi, sehingga bila konsumen yang ingin membeli itu mendadak
maka masih akan ada banyak persediaan keripik singkong yang ada.
Ø Didalam
mengatasi masalah persaingan antar sesama penjual keripik singkong. Kami bisa
atasi dengan cara, yakni bila konsumen memesan dalam jumlah banyak maka kami
akan memberikan bonus. Dengan begitu konsumen akan lebih tertarik dengan
keripik singkong buatan kami.
Ø Kemungkinan
dalam menjual keripik singkong kami tidak sepenuhnya terfokus melalui sosial
media. Tapi bilamana ada konsumen yang ingin membeli, bisa langsung datang.
Ø Bagi
konsumen yang hendak membeli tapi susah dihubungi atau susah diminta alamatnya
maka snack keripik singkong tidak bisa dikirimkan. Karena kami hanya melayani
khusus buat yang mau serius saja.
Ø Terakhir,
kemungkinan kami tidak menjual keripik singkong disupermarket, swalayan atau
took-toko lainnya. Karena keuntungan yang kami peroleh dari hasil penjualan
keripik singkong tidak terlalu besar. Karena satuhal keripik singkong buatan
kami belum mendapat ijin dari BPOM. Belum lagi hasil keuntungan tersebut harus
dibagi rata dengan kawan-kawan yang turut serta membantu dalam bisnis keripik
singkong.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar