Kamis, 16 Juni 2016

LATIHAN-LATIHAN SOAL SEJARAH KELAS XII IPS



1. jelaskan latar belakang lahirnya GATT?
GATT adalah perjanjian Internasioal Multilateral yang mengatur perdagangan Internasional sesudah perang dunia ke II dan didirikan tahun 1948. GATT lahir setelah Negara Industri di barat mengalami banyak proteksionisme dan semangat Autarki yang berkembang setelah depresi besar tahun 1930-an. Pada masa tersebut setiap Negara membatasi perdagangan impor atau ekspor. Alasannya adalah proteksi untuk produsen, proteksi untuk konsumen, masyarakat, pembayaran, pertahanan, dan keamanan. Negara berkembang (misalnya) cenderung melindungi industrinya yang masih pemula.

2. sebut dan jelaskan prinsip-prinsip GATT?
a. Prinsip Resiprositas
yaitu perlakuan yang diberikan suatu Negara kepada Negara lain sebagai mitra dagangnya harus juga diberikan oleh mita dagang Negara tersebut.
b. Prinsip Mos Favored Nation
yaitu Negara anggota GATT tidak boleh memberikan keistimewaan yang menguntungkan hanya pada satu atau kelompok Negara tertentu
c. Prinsip Transparansi
yaitu perlakuan kebijakan yang dilakukan suatu Negara harus adanya keterbukaan agar diketahui Negara lain.

3. jelaskan secara kronologis terbentuknya WTO?
Tanggal 1 januari 1995 WTO (World Trade Organization) resmi berdiri. Yakni berupa organisasi perdagangan dunia penerus GATT 1947. WTO berdiri menggantikan GATT karena WTO sebagai forum negosiasi yang mempunyai lembaga penyelesaian sengketa sedangkan GATT tidak memilikinya. Dan karena sesuai dengan perkembanggannya masing-masing Negara anggota GATT menghendaki adanya perdagangan bebas pada tanggal 15 April 1994 di Marrakesh tercapai kesepakatan mengenai hasil akhir perundingan dari putaran Uruguay sebagai suatu paket yang ditandatangani oleh Negara peserta yang kemudian menghasilkan organisasi WTO.

4. sebutkan tujuan WTO?
a. mendorong arus perdagangan antar Negara dengan cara mengurangi dan menghapus berbagai macama hambatan.
b. memfasilitasi penyelesaian sengketa akibat konflik.
c. menyediakan forum perundingan yang lebih permanen, sehingga akses pasar dapat terbuka dan berkesinambungan.

5. mengapa Indonesia ikut menjadi anggota WTO?
Alasan Indonesia menjadi anggota WTO adalah untuk sebuah diplomasi. Karena dengan keikutsertaan Indonesia dalam WTO sangat penting dimana Indonesia bisa berdiplomasi tentang perdagangan dengan Negara Lain. Selain itu jika Indonesia tidak bergabung dengan WTO, maka produk Indonesia sulit menembus pasar luar negeri dan dengan keikutsertaan Indonesia ke WTO Indonesia akan memperoleh keuntungan

6. jelaskan secara kronologis terbentuknya NAFTA?
Penyusunan NAFTA terjadi pada tanggal 12 Agustus 1992 disetujui dan ditandatangani di Washington DC oleh wakil pemerintahan Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. Pendirian NAFTA dimaksudkan untuk menghapus hambatan perdagangan. Menciptakan persaingan yang sehat dan wajar. Serta meningkatkan investasi antar anggota.

7. mengapa warga Meksiko tidak melihat manfaat meksiko menjadi anggota NAFTA?
Meskipun banyak keuntungan yang dijanjikan NAFTA rata-rata warga meksiko tidak bisa merasakan manfaatnya sejak dilaksanakannya perjanjian ini, karena pada dua bulan pertama tahun 1995 stok pasar jatuh 24% banyak ratusan perusahaan tutup dan lebih dari 250.000 warga meksiko kehilangan pekerjaan.

8. Mengapa NAFTA berdampak pada Indonesia  dan Thailand?
Karena kita tahu NAFTA memberlakukan nilai jual hasil pertanian yang murah terhadap anggota NAFTA dan sangat menguntungkan sedangkan dipihak lain seperti Indonesia dan Thailand yang merupakan Pengekspor hasil pertanian akan terkena imbasnya. Harga hasil pertanian akan murah dan Indonesia  dan Thailand akan mengalami kerugian dari perjanjian NAFTA tersebut.

9. Jelaskan secara kronologis lahirnya CAFTA?
No
Tahun
Keterangan
1
2002
Negara-negara di ASEAN telah membuat sebuah perjanjian perdagangan yang disebut AFTA (Asean Free Trade Agreement) yang beranggotakan 10 anggota di ASEAN.
2
2006
China bersama dengan ASEAN menandatangani perjanjian yang disebut CAFTA
3
2010
CAFTA diberlakukan untuk 6 negara yaitu : Indonesia, Malaysia, Brunei, Singapore, Thailand, dan Filiphina.
4
2015
Diberlakukan untuk Kamboja, Myanmar, Laos, dan Vietnam

10. apa tujuan dari CAFTA?
a. memperkuat dan meningkatkan kerjasama ekonomi, perdagangan dan Investasi antar Negara-negara anggota.
b. menggali bidang-bidang kerjasama baru dan mengembangkan kebijaksanaan yang tepat dalam rangka kerjasama ekonoi antar Negara anggota.
c. memfasilitasi integrasi ekonomi yang telah efektif dari anggota ASEAN baru dan menjembatani kesenjangan pembangunan ekonomi diantara Negara-negara anggota

11. adakah keuntungan bagi Negara ASEAN setelah menjadi anggota CAFTA?
Keuntungannya yaitu dengan adanya CAFTA bisa diprediksikan bahwa sejumlah produk barang dan jasa dari Negara-negara ASEAN akan lebih mudah memasuki pasaran Domestik China sehingga bisa memperoleh keuntungan dengan adanya CAFTA tersebut dan juga bisa memotivasi Negara-negara ASEAN untuk lebih membangung masyarakatnya lebih produktif dan kreatif serta mandiri secara ekonomi.

12. jelaskan keuntungan dan kerugian bagi Indonesia setelah menjadi anggota CAFTA?
A. Keuntungan :
a. produk Indonesia seperti barang dan jasa bisa lebih mudah memasuki pasaran di ASEAN dan China. Apabila kualitas dan harganya bisa terjangkau maka akan memperoleh keuntungan dan menambah Devisa Negara
b. membangun kerjasama dalam bidang ekonomi dinegara-negara ASEAN dan China
B. Kerugian :
a.CAFTA bisa mematikan produk dalam negeri apabila produk dalam negeri tidak mampu bersaing dengan produk-produk Negara ASEAN dan China, sehingga dapat menyebabkan kerugian bagi Indonesia.
b. akan menyebabkan banyaknya PHK dan pengangguran
c. akan melemahnya Industri manufaktur nasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar